11 Jenis Makanan Penurun Kolestrol Tinggi

Makanan Penurun Kolestrol Tinggi – Menu Sehari Hari

Makanan penurun kolestrol tinggi ini bisa Anda gunakan sebagai menu makanan anda sehari-hari. Selain murah, daftar makanan ini juga mudah diperoleh sehingga mudah dipergunakan sebagai solusi sederhana untuk menurunkan kolestrol tinggi dan lemak jahat (LDL) dari dalam tubuh.

makanan penurun kolestrol tinggi

 

Berikut ini 11 macam makanan penurun kolestrol tinggi :

1. Ikan

Ikan yang mengandung asam lemak Omega-3 seperti ikan sarden, kembung, tuna dan salmon. Selain menurunkan kolestrol jahat, omega-3 juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan resiko terjadinya pembekuan darah dan stroke.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kenari dan almond juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolestrol tinggi, karena mengandung asam lemak tak jenuh ganda, yang juga baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Untuk memperoleh hasil yang terbaik, jangan makan kacang-kacangan yang sudah tercampur garam atau gula.

3. Kacang Panjang

Para peneliti di Arizona State University Polytecnic menemukan bahwa menambahkan ½ cangkir sup kacang panjang ke dalam menu makanan mampu menurunkan kolestrol total dan LDL hingga 8%. Hal ini dikarenakan kacang panjang banyak mengandung serat yang mampu memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolestrol dalam jenis makanan tertentu.

4. Buah Alpukat.

Buah Alpukat adalah sumber dari lemak tak jenuh tunggal , jenis lemak yang benar-benar dapat mampu meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) sekaligus menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Alpukat mengandung beta-sitosterol, yaitu lemak nabati untuk mengurangi jumlah kolestrol yang diserap dari makanan. Alpukat memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, maka sebaiknya jangan terlalu sering dimakan.

5. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang mampu mengurangi lemak jahat dari dalam tubuh. Selain Oatmeal, serat larut juga dapat ditemukan pada kacang merah, pisang, apel dan pir. Cara kerja serat larut dalam tubuh adalah mengurangi penyerapan kolestrol dalam aliran darah, sehingga tidak menumpuk dalam pembuluh darah.

6. Buah Zaitun

Buah Zaitun, merupakan karunia Tuhan yang sangat luar biasa. Hal ini karena buah Zaitun mengandung anti oksidan Zaitunhidroxytyrosol yang dapat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) tanpa mengurangi jumlah kolestrol baik (HDL) dalam tubuh.

Buah Zaitun merupakan salah satu makanan yang selalu hadir dalam makanan masyarakat Mediterania. Dan inilah yang membuat kesehatan kardiovaskoler masyarakat Mediterania selalu terjaga dengan baik.

Selain buahnya, minyak Zaitun juga sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan Vitamin E yang sangat baik untuk meningkatkan jumlah kolestrol baik dalam tubuh.

7. Bawang Putih

Bawang putih telah diyakini selama berabad-abad sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih sangat membantu dalam menurunkan kolestrol dan melindungi jantung.

Cara terbaik makan bawang putih adalah dengan cara memakannya dalam keadaan mentah dengan cara dimasukkan dalam salad atau menu makanan lain. 

8. Kedelai

Kedelai dan berbagai jenis makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai. Kedelai disebut sebagai makanan penurun kolestrol tinggi yang ampuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi  25 gram protein kedelai per hari  (10 ons tahu atau 2,5 susu kedelai) dapat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) 5-6%. 

9. Buah dan Sayuran

Buah dan Sayuran yang kaya anti oksidan dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dan melindungi jantung. Jenis buah dan sayuran yang dapat menurunkan kolestrol tinggi dan melindungi jantung adalah : gojiberry, blueberry, strawberry, acaiberry, blackberry, cranberry, jambu biji, kubis, brokoli, paprika, cabai, aprikot, labu, ubi jalar, wortel, bayam. Untuk menjaga kolestrol tetap rendah dan jantung Anda tetap sehat, sebaiknya Anda selalu masukkan buah dan sayuran dalam menu makanan anda sehari-hari. Dan semuanya itu ada dalam 1 sachet fiforlif jika Anda tidak mau repot untuk mencari buah dan sayuran untuk kebutuhan nutrisi serat anda.

10. Anggur Merah

Anggur Merah mungkin memiliki dampak positif pada penurunan kadar kolestrol. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Department of Metabolism and Nutrition di Universidad Complutense de Madrid Spanyol menemukan bahwa ada penurunan kadar kolestrol jahat (LDL) sebesar 9 – 12% pada orang yang mengkonsumsi Anggur Merah. 

11. Yoghurt Bebas Lemak

Yoghurt bebas lemak adalah pilihan selanjutnya karena kaya akan protein, kalsium dan mikroorganisme Lactobacilus yang juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol.

Demikianlah 11 Jenis makanan penurun kolestrol tinggi yang dapat Anda pilih dan terapkan sebagai menu makanan anda sehari-hari. Selain mengatur asupan makanan yang kita konsumsi , kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat seperti : berolah raga secara teratur, menghindari rokok dan alkohol. 

Agar memiliki tubuh yang sehat dan ideal kita perlu memiliki pengetahuan yang cukup tentang makanan yang kita konsumsi dan perlu disiplin yang tinggi untuk menjalankan pola hidup sehat.

Daripada repot mencari 11 jenis makanan tersebut diatas, kami telah menyediakan semuanya secara lengkap di salah satu produk kami penurun berat badan fiforlif. Anda tinggal beli dan konsumsi sesuai aturan. Insya Allah badan sehat, tubuh langsing dan awet muda.

Semoga informasi ini bermanfaat..

 

Jual Penurun berat badan

Bekerja Part Time sebagai pebisnis online di Abenetwork. penurunberatbadan.my.id bisnispasutrisehat.com