Olahraga Penurun Kolestrol Tinggi

KOLESTROL TINGGI ? Turunin Yuk !!

 

Olahraga penurun kolesterol tinggi sangat dibutuhkan untuk menghindari terjadinya kolestrol tinggi dalam tubuh. Kolesterol tinggi dalam darah bisa sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan  tubuh, karena bisa meningkatkan resiko penyakit seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu perlu aktivitas olahraga penurun kolestrol tinggi untuk mencegah terjadinya resiko kesehatan yang akan terjadi nanti.

Hal ini karena sangat erat hubungannya dengan kesehatan pembuluh darah, yang merupakan akses bagi darah untuk membawa nutrisi dan oksigen keseluruh tubuh.

Kadar koletserol yang tinggi dalam darah akan mengendap pada dinding pembuluh darah, sehingga mempersempit, bahkan hingga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Bahaya Kolesterol Tinggi

Disinilah bencana yang lebih besar bagi kesehatan akan segera dimulai, ketika pembuluh darah tersumbat, kerja jantung secara otomatis akan semakin keras memompa dan menjadi sangat terbebani; maka penyakit jantung, darah tinggi, stroke dan penyakit terkait lainnya sudah bisa diramalkan pasti akan terjadi.

Oleh karena  itu harus selalu diwaspadai dengan kondisi kesehatan kita, agar tidak menimbulkan penyakit yang lebih parah bagi kesehatan tubuh kita.

Sebetulnya kolesterol tinggi bisa diturunkan dengan beberapa metode  sehingga resiko yang akan terjadi bisa diminimalkan.

Salah satu metode yang paling efektif adalah melakukan olahraga penurun kolesterol tinggi  secara rutin! Betapa pentingnya melakukan olahraga secara rutin, karena tanpa melakukan olahraga secara rutin,  seseorang bisa menurun kualitas hidupnya karena kerentanan yang tinggi terhadap banyak penyakit .

olahraga penurun kolesterol tinggi

 

Olahraga penurun kolestrol tinggi dibutuhkan untuk membantu turunkan kadar kolesterol agar tubuh tetap prima dan sehat.

Olahraga tidak menjamin dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Karena ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi penurunan kolestrol tinggi seperti :  gen, usia, jenis kelamin, berat badan, diet, semuanya sangat berpengaruh. Namun olahraga secara umum memberikan dampak yang positif. Berolahraga secara teratur membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL (high-density lipoprotein) kolesterol, yang sifatnya mengambil simpanan lemak dari arteri dan dikembalikan lagi ke organ hati untuk dipecah.

Prinsip olahraga turunkan kolesterol tinggi

Dari berbagai penelitian menunjukkan ada sejumlah alasan mengapa olahraga bisa membantu menurunkan kolestrol jahat.

Pertama, enzim yang dilepaskan selama berolahraga membantu untuk memindahkan kolesterol LDL (Low-Density-Lipoprotein) dari darah di dalam pembuluh darah kembali ke hati untuk diubah menjadi empedu.

Selanjutnya empedu digunakan sebagai bagian dari proses pencernaan atau diekskresikan; jadi, semakin kita rajin berolahraga, maka akan semakin banyak LDL yang diambil dari sistem tubuh sampai titik tertentu.

Olahraga juga mampu memperbesar ukuran partikel protein yang bertugas membawa kolesterol dalam darah. Semakin besar partikel-partikel protein  ini, maka akan semakin mengurangi risikonya menjadi partikel yang lebih kecil yang lebih mudah menempel pada lapisan jantung dan pembuluh darah.

Jika hal ini terjadi, maka partikel ini bisa sulit untuk dihilangkan, yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Diperlukan banyak waktu untuk melakukan olahraga penurun kolesterol tinggi

Berbagai panduan merekomendasikan bahwa minimal berolahraga selama sekitar150 menit dalam seminggu sudah sangat ideal untuk memiliki kadar kolesterol yang sehat. Namun tidak ada konsensus mengenai berapa lama olahraga yang dibutuhkan untuk membantu menurunkan kolesterol.

Banyak juga perdebatan seputar mengenai berapa banyak olahraga dengan dampak kolesterol yang dimiliki. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang sebagian besar yang ditemukan memiliki diet yang terburuk yang melakukan sedikit olahraga atau olahraga tidak teratur, memiliki kadar LDL yang berkurang sebanyak 15 persen, sedangkan HDL bisa meningkat hingga 20 persen. Itu artinya bahwa olahraga secara umum bagus untuk mengendalikan kadar kolesterol jahat.

Beberapa tips olahraga yang sehat penurun kolestrol tinggi

  • Lakukan intensitas yang rendah untuk mulai melakukan olahraga. Lakukan secara kontinyu selama 10 atau 20 menit pada suatu waktu, seperti jogging, bersepeda,atau berenang. Anda juga dapat mencoba menggunakan alat olahraga. Tetapi tetap ingat untuk memulai dengan intensitas yang rendah.
  • Lakukan olahraga secara teratur agar Anda memperoleh manfaatnya. Ini berarti Anda setidaknya harus mencari celah untuk menutupi lama waktu olahraga yang direkomendasikan yaitu 150 menit selama seminggu jika ada yang terlewati. Namun yang perlu diingat adalah, Anda perlu juga untuk mendapatkan waktu istirahat sebentar-sebentar – misalnya, tiga kali selama 10 menit berjalan dalam sehari.
  • Lakukan aktivitas yang Anda minati, karena ini akan membantu Anda untuk bisa tetap rutin dalam melakukannya. Apakah Anda suka berjalan di kompleks perumahan, jogging, bersepeda atau berenang, yang penting Anda senang melakukannya.
  • Mengajak teman atau keluarga untuk berolahraga bersama bisa membantu Anda supaya tetap termotivasi, sekaligus membantu menjaga semua orang yang Anda cintai selalu sehat semuanya.

Penting!

Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter atau spesialis apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti cedera atau kondisi apapun yang bisa mempengaruhi kemampuan Anda untuk berolahraga atau yang bisa memperburuk kesehatan Anda karena olahraga.

Mau cara mudah turunkan kolesterol tinggi tanpa perlu repot olahraga ?

Minum saja FIFORLIF secara rutin setiap pagi hari 30 menit sebelum makan pagi, Anda bisa baca info lengkap fiforlif di homepage penurunberatbadan.my.id

Demikianlah sedikit info tentang olahraga penurun kolesterol tinggi, Semoga bermanfaat !

Boleh dishare !

Jual Penurun berat badan

Bekerja Part Time sebagai pebisnis online di Abenetwork. penurunberatbadan.my.id bisnispasutrisehat.com